Selasa 05 Mar 2024 10:47 WIB

Kenang Almarhum Solihin GP, Pj Gubernur Jabar Bey: Almarhum Titipkan Revitalisasi Citarum

Walaupun berusia sepuh tapi Solihin GP tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara

Jenazah almarhum mantan Gubernur Jabar periode 1970-1975 Solihin GP berada di Kodam III/Siliwangi untuk dishalatkan, Selasa (5/3/2024).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Jenazah almarhum mantan Gubernur Jabar periode 1970-1975 Solihin GP berada di Kodam III/Siliwangi untuk dishalatkan, Selasa (5/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat di Jawa Barat bertakziah ke rumah duka almarhum Solihin GP di Jalan Cisitu Indah, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024). Salah satunya, Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin.

Letnan Jenderal (Purn) Solihin Gautama Purwanegara atau yang akrab dikenal dengan Solihin GP di Jalan Cisitu Indah, Dago, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024), berpulang dalam usia 97 tahun di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung, Selasa (5/3) dini hari, pukul 03.09 WIB. 

Baca Juga

Bey menilai, Solihin GP merupakan sosok negarawan, tokoh yang selalu memikirkan kemajuan bangsa walau di usia senjanya. "Saya bersama Presiden Jokowi pernah menemui Pak Solihin, dan waktu itu almarhun menitipkan revitalisasi DAS Citarum. Beliau walaupun usia sepuh tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara," ujar Bey.

Bey mengungkapkan, saat itu almarhun Solihin GP meminta revitalisasi Citarum juga direplikasi di banyak tempat di Jabar. "Jadi artinya ketegasannya dalam memimpin, keteladanan beliau menjadi contoh bagi kita dalam memimpin. Kita sangat kehilangan," kata Bey. 

 

Solihin GP dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Rencananya jenazah Solihin GP akan dibawa ke rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung, pada pukul 07.00 - 09.00. 

Kemudian jenazah almarhum akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa, Kota Bandung, sekitar pukul 09.30 hingga 12.30,  lalu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, pukul 13.30.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement