Senin 18 Mar 2024 11:14 WIB

Suara Naik 1 Juta di Pileg 2024, PKB Jabar Siap Usung Syaiful Huda Jadi Calon Gubernur

Dapil Jabar totalnya mendapat 13 kursi, Pemilu sebelumnya PKB hanya mendapat 8 kursi.

Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda diacara buka bersama media akhir pekan lalu
Foto: Dok Republika
Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda diacara buka bersama media akhir pekan lalu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ini, perolehan suara PKB Jawa Barat (Jabar) mengalami kenaikan. Bahkan, kenaikan itu dialami di seluruh tingkat baik itu DPRD Kabupaten Kota, DPRD Provinsi, dan DPR RI.

Menurut Ketua DPW PKB Jabar, Syaiful Huda, kenaikan suara PKB kurang lebih 1 juta suara di Pileg 2024 ini. Huda menjelaskan, untuk DPR RI di seluruh Dapil Jawa Barat PKB mendapat total suara 2.876.973 dan mendapat total 13 kursi. Sebelumnya pada Pemilu 2019 PKB hanya mendapat 8 kursi.

Baca Juga

"Alhamdulillah perolehan suara PKB untuk DPR RI naik drastis dari 8 kursi menjadi 13 kursi," ujar Syaiful Huda kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Sementara untuk DPRD Provinsi Jawa Barat, kata dia, mendapat total suara 2.850.801 dan total kursi 15. Artinya, naik 3 kursi dari Pemilu 2019. Untuk DPRD Kabupaten Kota total suara 3.187.788 dan total kursi 162. Naik 41 kursi se-Jabar dari semula 121 kursi di Pemilu 2019.

Melihat raihan suara partainya ini, Syaiful Huda memastikan dirinya akan maju sebagai Calon Gubernur Jabar dalam ajang Pilkada pada bulan November mendatang.  "Saya maju sebagai Calon Gubernur untuk Pilkada Gubernur yang akan datang tepatnya 27 November nanti," katanya.

Huda mengaku sudah mulai menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik untuk membangun koalisi. Sebab, PKB masih membutuhkan 9 kursi lagi apabila ingin mengusung Huda sebagai Calon Gubernur Jabar.

Menurut Huda, partai politik yang sudah diajak berbincang terutama partai yang tergabung ke dalam Koalisi Perubahan yakni PKS dan NasDem. Namun, jika tak memungkinkan terjalin koalisi untuk Pilgub Jabar, maka Huda bakal membuka peluang koalisi dengan partai lain. "Jadi start-nya dari situ (Koalisi Perubahan), ketika dihitung potensi dan peluang tidak memungkinkan maka kami akan membangun koalisi dengan partai yang lain," katanya.

Selain menyatakan bakal maju dalam Pilgub Jabar, Huda juga mengungkapkan PKB bakal mengusung kader sendiri untuk maju sebagai Calon Bupati dan Calon Wali Kota di 14 kabupaten dan kota di Jabar. Salah satu wilayah yang dipastikan akan diisi kader PKB yakni Kabupaten Bandung. "Kami pastikan kader terbaik PKB minimal maju sebagai bupati atau wali kota di 14 kabupaten kota se-Jabar," katanya.

Dalam kesempatan itu, Huda merincikan perolehan kursi PKB pada Pemilu 2024. Untuk DPR RI dari Dapil Jabar, PKB memperoleh total 13 kursi. PKB berada di peringkat ketiga setelah Golkar dan Gerindra yang berada di peringkat satu dan dua. "Kami dapat ranking tiga besar di DPR RI dari Jabar mengalahkan PKS dan mengalahkan PDIP. Cita-cita lama yang terlaksana tahun ini," katanya.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement