Senin 25 Mar 2024 13:29 WIB

Ratusan Korban Longsor Cipongkor Bandung Barat Mengungsi, Ada yang Sakit Hingga Trauma

Korban longsor masih merasakan trauma atas bencana tersebut.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Kondisi pascalongsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Senin (25/3/2024). Sebanyak 9 orang warga diduga tertimbun dan belum ditemukan dalam peristiwa longsor yang terjadi  Ahad (24/3/2024) malam. Proses pencarian korban masih dilakukan oleh petugas gabungan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kondisi pascalongsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Senin (25/3/2024). Sebanyak 9 orang warga diduga tertimbun dan belum ditemukan dalam peristiwa longsor yang terjadi Ahad (24/3/2024) malam. Proses pencarian korban masih dilakukan oleh petugas gabungan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Ratusan warga Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat korban longsor, Ahad (24/3/2024) malam mengungsi di sejumlah tempat pengungsian. Mereka mengungsi di GOR Cibenda dan di sejumlah ruangan di SDN Padabakti.

Pantauan republika.co.id, mayoritas warga yang mengungsi di GOR Cibenda dan di sejumlah ruangan di SDN Padabakti merupakan perempuan dan lansia serta anak-anak. Mereka mendapatkan bantuan pakaian layak pakai yang disediakan oleh petugas.

Baca Juga

Tidak lama berselang, sejumlah bantuan dari berbagai instansi dan lembaga berdatangan ke posko di SDN Padabakti. Tenda pengungsian dan dapur umum pun akan segera dibangun di halaman sekolah dasar. Beberapa pengungsi mengalami sakit hingga harus dibawa ambulans ke fasilitas kesehatan. Selain itu, korban longsor masih merasakan trauma atas bencana tersebut.

Susi salah seorang warga di Kampung Gintung mengaku bersyukur sebab masih terhindar dari bencana longsor. Saat peristiwa terjadi, ia bersama anak dan suaminya berada di rumah kakaknya di tempat lain.

"Alhamdulillah pas kejadian lagi di rumah kakak tapi rumah saya di Kampung Gintung habis tertimbun longsor," ujar Susi, Senin (25/3/2024).

Namun, ia mengaku masih tidak percaya bencana longsor menimbun rumahnya tersebut. Kini, ia mengungsi di GOR Cibenda yang disediakan oleh pemerintah. Ia menduga beberapa orang tetangganya ikut tertimbun di area dekat rumahnya tersebut.

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif mengatakan pihaknya saat ini tengah mempersiapkan kebutuhan dasar pengungsi yang berjumlah lebih dari 400 orang.

"Selanjutnya terhadap yang mengungsi hampir kurang lebih 400 kita siapkan tempatnya, tendanya, dapur umum. Intinya kita siapkan kebutuhan dasarnya," katanya.

Arsan menambahkan pihaknya berharap agar seluruh pengungsi terlebih dahulu sehat. "Paling tidak (pengungsi) istirahat dulu mengembalikan tenaga," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 9 orang warga diduga tertimbun dan belum ditemukan pascalongsor yang terjadi di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (24/3/2024) malam. Mereka berasal dari beberapa RW di kampung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement