Rabu 03 Apr 2024 10:27 WIB

Kapolres Indramayu Pimpin Ramp Check Angkutan Lebaran

Di ramp check tersebut, Polres Indramayu fokus pada kesiapan pengemudi dan kendaraan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memimpin kegiatan ramp check kesiapan pengemudi dan angkutan umum lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024, Selasa (2/4/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar memimpin kegiatan ramp check kesiapan pengemudi dan angkutan umum lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024, Selasa (2/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Polres Indramayu melaksanakan kegiatan ramp check kesiapan pengemudi dan angkutan umum lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024, Selasa (2/4/2024). Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar, dengan didampingi oleh instansi terkait.

‘’Dalam kegiatan ramp check tersebut, Polres Indramayu fokus pada kesiapan pengemudi dan kendaraan yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran,’’ kata Fahri.

Baca Juga

Menurut Fahri, tujuan utama dari kegiatan itu adalah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan serta memastikan keselamatan selama masa angkutan Lebaran. Fahri mengatakan, kegiatan ramp check itu juga merupakan bagian dari upaya Polres Indramayu untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama masa angkutan lebaran ataupun libur lebaran.

Fahri menjelaskan, ada beberapa hal yang diperiksa dalam ramp check tersebut. Di antaranya, kesiapan kendaraan, termasuk pemeriksaan fisik seperti lampu, klakson, shockbreaker, ban, dan lainnya. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana keselamatan di dalam kendaraan, seperti pintu darurat dan alat pemecah kaca.

Selanjutnya, kata dia, dilakukan pemeriksaan terhadap kesiapan pengemudi, termasuk kesehatannya. Hal itu dilakukan dengan melakukan tes urine dan pemeriksaan tekanan darah. Tak hanya itu, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap surat-surat pengemudi dan kendaraan, seperti SIM, STNK, dan buku KIR.

Kegiatan ramp check ini merupakan salah satu bentuk antisipasi dalam menghadapi arus mudik lebaran. ‘’Kami ingin memastikan bahwa angkutan umum yang digunakan selama lebaran benar-benar dalam kondisi yang siap dan aman untuk digunakan,’’ kata Fahri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement