Senin 22 Jul 2024 19:59 WIB

Jelang Sidang PK Saka Tatal, Warga Pasang Spanduk: Satu Kampung Yakin tak Bersalah

Warga mendukung sidang PK Saka Tatal

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Saka Tatal bersama tim kuasa hukumnya mendaftarkan Peninjauan Kembali (PK) kasus pembunuhan Vina Cirebon, ke Pengadilan Negeri (PN) Cirebon
Foto: Dok Republika
Saka Tatal bersama tim kuasa hukumnya mendaftarkan Peninjauan Kembali (PK) kasus pembunuhan Vina Cirebon, ke Pengadilan Negeri (PN) Cirebon

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---- Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Saka Tatal, mantan terpidana kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016, akan digelar di Pengadilan Negeri Cirebon pada 24 Juli 2024.

Menjelang sidang PK Saka Tatal itu, warga Kampung Saladara, Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, memasang spanduk dukungan. Kampung Saladara merupakan tempat asal para terpidana.

Baca Juga

Spanduk dukungan itu dipasang di sepanjang Jalan Perjuangan, Kota Cirebon, Senin (22/7/2024). Spanduk itu bertuliskan “Warga Saladara Mendukung Peninjauan Kembali (PK) untuk Membebaskan Para Terpidana”.

Salah seorang tokoh pemuda Karyamulya, Adam mengungkapkan, pemasangan spanduk itu merupakan bentuk dukungan warga atas pengajuan PK yang dilakukan Saka Tatal. Mereka juga yakin, para terpidana, termasuk Saka Tatal, tidak terlibat dalam peristiwa pembunuhan Vina dan Eky yang terjadi pada 2016 silam.

‘’Seluruh warga Kampung Saladara yakin ketujuh terpidana, termasuk Saka Tatal, tidak melakukan pembununan dan pemerkosaan. Kami mendukung sidang PK Saka Tatal,’’ ujar Adam.

Adam berharap, pemasangan spanduk tersebut bisa mengundang dukungan serupa dari seluruh warga yang melintas dan melihat tulisan di spanduk itu. ‘’Semoga warga sekitar dan orang-orang yang lewat melihat bahwa kami satu kampung meyakini mereka tidak bersalah,’’ katanya.

Sementara kakak Saka Tatal, yang bernama Selis, mengaku bersyukur dengan adanya dukungan dari warga terhadap upaya PK yang diajukan oleh adiknya bersama tim kuasa hukumnya. Dia mengatakan, warga Saladara pun percaya Saka Tatal tidak terlibat dalam kasus tersebut.

‘’Warga disini percaya Saka tidak bersalah. Cuma dulu saya kurang komunikasi, gak ngerti hukum,’’ kata Selis.

Selis berharap, sidang PK Saka Tatal bisa berjalan dengan lancar. Dengan demikian, adiknya bisa terbebas dari tuduhan sebagai.pembunuh dan pemerkosa Vina. ‘’Semoga sidang PK Saka berhasil dan nama baiknya kembali,” harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement