Kamis 24 Oct 2024 20:42 WIB

Empat Pohon Tumbang di Bandung, Timpa Mobil, Bangunan hingga Lukai Dua Warga

Petugas mengevakuasi pohon dengan waktu penanganan mencapai dua jam.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Hujan deras menyebabkan pohon tumbang di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung dan sempat menutup akses jalan, Kamis (24/10/2024). Total empat pohon tumbang di lokasi berbeda menimpa atap mobil, bangunan rumah, hingga melukai dua orang warga.
Foto: Dok Republika.
Hujan deras menyebabkan pohon tumbang di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung dan sempat menutup akses jalan, Kamis (24/10/2024). Total empat pohon tumbang di lokasi berbeda menimpa atap mobil, bangunan rumah, hingga melukai dua orang warga.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Sebanyak empat pohon tumbang di empat lokasi yang berbeda akibat hujan deras yang terjadi di Kota Bandung, Kamis (24/10/2024) sore. Akibatnya, pohon tumbang menimpa atap mobil, bangunan rumah hingga melukai dua orang warga Bandung.

Data Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melaporkan pohon tumbang terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Pohon yang tumbang jenis ketapang dengan tinggi 6 meter dan diameter 30 sentimeter.

Baca Juga

Kasi penyelamatan Diskar PB Kota Bandung Jhon Erwin menyebut pohon yang tumbang di Jalan Soekarno Hatta tersebut sempat menutup akses kendaraan yang hendak melintas. Petugas yang menerima laporan langsung mengevakuasi pohon tersebut menggunakan mesin gergaji.

"Petugas memotong bagian-bagian pohon menjadi bagian kecil dan dipindahkan ke lokasi pinggir jalan. Waktu penanganan 27 menit," ujar Jhon saat dikonfirmasi, Kamis (24/10/2024).

Erwin melanjutkan pohon tumbang kedua jenis angsana terjadi di Jalan Kuningan Raya, Antapani, Kota Bandung. Pohon tumbang menimpa atap mobil milik pengemudi yang tengah melintas di jalan tersebut. "Pengemudi sedang melewati Jalan Kuningan tiba-tiba tumbang menimpa mobilnya," kata dia.

Erwin mengatakan petugas yang menerima laporan langsung melakukan evakuasi dengan memotong pohon menjadi bagian kecil. Waktu penanganan kurang lebih 60 menit.

Pohon tumbang yang ketiga, ia mengatakan terjadi di Jalan Pratista, Antapani, Kota Bandung dan menimpa bangunan dan kanopi rumah. Jenis pohon yang tumbang beringin kurang lebih panjang 25 meter. "Sekitar pukul 15.00 Wib, terjadi angin kencang, dahan pohon beringin tumbang menimpa rumah bagian kanopi depan," kata dia.

Menurut Erwin, petugas mengevakuasi pohon dengan waktu penanganan mencapai dua jam. Selanjutnya, pohon keempat yang tumbang terjadi di Jalan Rancabolang. Jenis pohon lengkeng tinggi 6 meter dan diameter 30 sentimeter.

Menurutnya, pohon tumbang sempat menutup akses kendaraan di Jalan Rancabolang. Akibat kejadian itu, dua orang sempat mengalami luka dan telah dievakuasi untuk diobati medis. "Penanganan pohon dipotong kecil-kecil 20 menit," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement