Ahad 30 Jan 2022 10:52 WIB

Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Dukung Penyelenggaraan KTT Y20

Kegiatan itu dapat membantu mencetak generasi muda menjadi pemimpin masa mendatang.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan pada acara
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan sambutan pada acara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku, mendukung Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 atau Y20 di Indonesia pada Juli 2022 mendatang. Kegiatan itu dinilai dapat membantu mencetak generasi muda agar menjadi pemimpin di masa mendatang.

"Saya lebih concern bagaimana kita menggunakan momentum G20 dan Y20 untuk mendapatkan benefit domestik," kata  Anies Baswedan dalam keterangan, Sabtu (29/1).

Anies pun berharap anak muda Indonesia dapat memanfaatkan momentum G20 dan Y20 untuk mendapatkan keuntungan dalam negeri. Para delegasi dan para alumni Y20 juga diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi anak muda lain berpartisipasi dalam forum diplomasi internasional.

Anies juga berpesan agar IYD memperbanyak program yang memanfaatkan program G20 dan Y20 untuk berkampanye ke anak-anak muda Indonesia, khususnya di luar kota megapolitan dan urban sehingga punya harapan dan keinginan menjadi bagian dari dunia.

"Ini nampaknya sederhana, tapi kami berharap inspirasi ini akan muncul dari pertemuan G20. G20 ini besar sekali dan tidak terjadi dalam periode yang pendek. Karena bisa memberi manfaat ke dalam negeri sebanyak-banyaknya," katanya.

Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan persepsi negara asing terhadap Indonesia cenderung naik, terutama ketika dipercaya sebagai Presidensi G20. Menurutnya, banyak negara yang mempertanyakan kenapa Indonesia bisa mendapat kepercayaan tersebut.

Ridwan Kamil menyampaikan, ada sejumlah persoalan yang masih akan menjadi pekerjaan rumah pagi para pemuda di Indonesia dan dunia ke depan. Dia melanjutkan, tiga pekerjaan rumah pemuda ke depan yakni persoalan pemanasan global, disrupsi digital dan disrupsi Covid-19.

"Jadi momentumnya sekarang, mumpung kita disorot dan punya presidensi G20. Pokoknya, pulang dari Indonesia tahun ini, dunia harus terkesan dengan kita," ujar Ridwan Kamil.

Ketua IYD, Michael Victor Sianipar mengatakan bahwa IYD memiliki visi untuk mencetak generasi muda agar menjadi pemimpin di masa mendatang. Dia berharap Indonesia juga bisa semaksimal mungkin memberikan dampak positif bagi dunia lewat Y20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Sementara, ada empat isu yang akan dibahas dalam Y20, yakni Youth Employment, Transformasi Digital, Sustainable and Livable Planet, dan Diversity and Inclusion. Kegiatan awal Y20 akan diadakan di Palembang, Manokwari, Mandalika serta kota-kota lain di Indonesia yang masih akan ditentukan. Sedangkan acara utama Y20 akan diadakan di Jakarta dan Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement