Rabu 12 Jul 2023 16:13 WIB

Pembangunan Jalur Pedestrian di Sejumlah Jalan Kota Sukabumi Dikebut

Pengerjaan pembangunan jalur pedestrian ditargetkan bisa rampung Agustus 2023.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Jalur pedestrian di ruas Jalan Ir H Juanda (Dago), Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Foto: Republika/riga nurul iman
Jalur pedestrian di ruas Jalan Ir H Juanda (Dago), Kota Sukabumi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Pengerjaan pembangunan infrastruktur jalur pedestrian atau trotoar di sejumlah ruas jalan wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat, diupayakan bisa dipercepat. Salah satunya pembangunan jalur untuk pejalan kaki di depan Gedung Juang 45 atau disebut Plaza Gedung Juang.

“Percepatan infrastruktur terus dilakukan dalam rangka mengubah wajah Sukabumi lebih memesona,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga

Dalam upaya mempercepat pembangunan jalur pedestrian itu, Fahmi menyampaikan permohonan maaf apabila kenyamanan warga terganggu. Pasalnya, terjadi kepadatan arus lalu lintas di seputar kawasan Gedung Juang 45 dan Lapang Merdeka Sukabumi. 

“Insya Allah pasca-selesainya penataan, kenyamanan yang lebih akan dapat dinikmati oleh warga,” kata Fahmi.

Fahmi berharap masyarakat nantinya dapat ikut menjaga hasil pembangunan dan penataan sarana publik ini. Ia mengatakan, merawat hasil pembangunan jauh lebih sulit dibandingkan proses membangunnya. Karena itu, diharapkan masyarakat ikut terlibat menjaganya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi Lutfi Alif mengatakan, pihaknya terus memantau dan mengevaluasi pembangunan jalur pedestrian di sejumlah ruas jalan. Hal ini untuk memastikan pengerjaan pembangunan berjalan baik.

“Kami menargetkan semua pengerjaan pembangunan pedestrian di beberapa ruas jalan ini rampung pada Agustus,” kata Lutfi.

Pembangunan jalur pedestrian yang diupayakan dipercepat pengerjaannya ini, antara lain, di ruas Jalan Bhayangkara, Sudirman, Veteran, dan Siliwangi.

Diharapkan pengerjaan dan peresmiannya dapat dilakukan sebelum masa jabatan Achmad Fahmi sebagai wali kota berakhir pada September 2023. “Mudah-mudahan di pertengahan Agustus itu sudah ada peresmian,” ujar Lutfi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement