Sabtu 22 Jul 2023 05:00 WIB

Vandalisme Tulisan Depok di Gua Hira, Warganet: Jauh-Jauh ke Tanah Suci Cuma Mengotori

Di Gua Hira banyak bertuliskan nama-nama khas orang Indonesia hingga nama Depok. 

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus Yulianto
Gua Hira di Jabal Nur, Makkah, dipadati ratusan jamaah haji yang berziarah ke lokasi pertama kalinya wahyu turun kepada Nabi Muhammad.
Foto: Republika/ Amin Madani
Gua Hira di Jabal Nur, Makkah, dipadati ratusan jamaah haji yang berziarah ke lokasi pertama kalinya wahyu turun kepada Nabi Muhammad.

REPUBLIKA.CO.ID, Depok kembali menjadi perbincangan. Ini setelah sebuah aksi vandalisme berupa tulisan 'Depok' di bebatuan situs bersejarah Gua Hira di Jabal Nur, Arab Saudi, viral di media sosial. Aksi vandalisme tersebut terungkap di video terbaru Habib Husein Ja'far Al Hadar pada akun YouTube miliknya.

Pada video berjudul 'Why Depok di Gua Hira?' yang diunggah sekitar Kamis (20/7/2023), Habib Ja'far mengisahkan perjalanannya di Gunung Nur atau Jabal Nur. Dia menceritakan pengalamannya mendaki gunung tersebut hingga di puncak saat berada di Gua Hira.

 

photo
Sebuah aksi vandalisme berupa tulisan Depok di bebatuan situs bersejarah Gua Hira di Jabal Nur, Arab Saudi, viral di media sosial. Aksi vandalisme tersebut terungkap di video terbaru Habib Husein Jafar Al Hadar pada akun YouTube miliknya. - (Tangkapan Layar YouTube Jeda Nul)

 

Dia kemudian menyayangkan kondisi jalur pendakian di situs bersejarah bagi umat Islam tersebut yang banyak ditemukan sampah. Puncaknya, ia juga mengeluh soal vandalisme tulisan di sekitar Gua Hira yang banyak bertuliskan nama-nama khas orang Indonesia hingga nama Daerah di Indonesia yaitu Depok.

"Di antara yang saya sayangkan di bebatuan jalur pendakian ke Gua Hira adalah vandalisme orang corat-coret nggak jelas di sini," kata Habib Ja'far.

"Kadang cuman nama dia, kemudian love dengan nama istrinya atau kekasihnya dan beberapa pelaku vandalisme jelas orang Indonesia karena liat tuh namanya Rojali, Andriani, Miftah dan Depok dong," tambahnya.

Perilaku tersebut, akhirnya juga mengundang respons banyak warganet. Banyak yang menyayangkan tindakan tidak bertanggungjawab tersebut.

"Jauh-jauh ke tanah suci cuma untuk mengotori, jauh jauh ke tanah suci untuk memohon ampun dosa, malah menambah dosa," kata salah satu warganet.

Warganet lain bahkan menyebut pelaku vandalisme di Gua Hira ini lebih buruk perilakunya dari Abu Jahal. "Gw yakin sejahat jahatnya Abu Jahal aja pasti nggak pernah buang sampah sembarangan apalagi ngevandal," tulisnya.

Ada juga yang mengaku tidak menyangka perilaku ini bisa terjadi di situs bersejarah Umat Islam. "Saya nggak habis pikir untuk urusan keyakinan saja masih saja vandalisme, apa tidak ada perasaan kalau tindakannya tersebut merusak ya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement