Kamis 27 Jul 2023 22:39 WIB

Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara, Depok, Uji Coba Mulai Agustus

Polres Metro Depok meminta dukungan pelaksanaan uji coba sistem satu arah.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Sistem Satu Arah (SSA).
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
(ILUSTRASI) Sistem Satu Arah (SSA).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK — Penerapan sistem satu arah (SSA) akan diujicobakan di Jalan Nusantara wilayah Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Uji coba rencananya dilakukan pada Agustus mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Depok Kompol Sugianto mengatakan, pihaknya bersama jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah membahas persiapan uji coba SSA di Jalan Nusantara.

Baca Juga

“Dulunya, sebelum pembangunan Underpass Dewi Sartika, di Jalan Nusantara ini sudah berlaku SSA dan nanti akan dikembalikan lagi menjadi satu arah. Mohon dukungan kepada semua pihak, nanti pada tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023 akan diuji coba pemberlakuan SSA tersebut,” kata Sugianto, sebagaimana dilansir situs informasi Pemkot Depok, Kamis (27/7/2023).

Pemkot Depok sebelumnya mengajukan penerapan kembali SSA di Jalan Nusantara kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Maret lalu. Usulan itu berdasarkan hasil evaluasi kinerja jalan setelah dioperasikannya Underpass Dewi Sartika.

 

Dilaporkan untuk Jalan Margonda Segmen I, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Dewi Sartika menunjukkan kinerja baik. Sedangkan Jalan Nusantara, yang diberlakukan dua arah, dinilai menunjukkan kinerja buruk.

Sugianto mengatakan, uji coba pemberlakuan kembali SSA di Jalan Nusantara ini dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. 

“Tentunya sebelum diberlakukan pasti akan ada sosialisasi kepada warga di sekitar Jalan Nusantara. Baik ke kelurahan, RT dan RW, termasuk ke sekolah-sekolah. Hal ini agar pemberlakuan SSA ini tidak terkesan dadakan,” kata Sugianto.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement