Rabu 16 Aug 2023 17:20 WIB

Semarak Hari Kemerdekaan di Kota Sukabumi, Disiapkan Kirab Budaya Merah Putih

Diperkirakan Kirab Budaya Merah Putih di Kota Sukabumi akan diikuti ribuan orang.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
(ILUSTRASI) Menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Agenda Kirab Budaya Merah Putih akan digelar di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Kirab ini diselenggarakan untuk menyemarakkan peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pada 20 Agustus 2023 digelar Kirab Budaya Merah Putih, yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Kemerdekaan,” ujar Asisten Daerah Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Iskandar, kepada wartawan di Gedung Juang 45 Kota Sukabumi, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga

Iskandar mengatakan, Kirab Budaya Merah Putih ini akan melibatkan warga mulai dari kelurahan dan kecamatan, komunitas masyarakat, juga instansi vertikal.

Rencananya agenda kirab dimulai pada Ahad (20/8/2023) pagi. Iskandar mengatakan, peserta kirab rencananya dilepas dari Lapang Merdeka, kemudian melintasi sejumlah ruas jalan.

Jalan yang akan dilalui kirab ini, yaitu Jalan Suryakencana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gudang, Jalan Siliwangi, Jalan R Syamsudin SH, dan kemudian berakhir di Plaza Balai Kota Sukabumi.

Menurut Iskandar, Kirab Budaya Merah Putih akan didahului penampilan drumben Setukpa Lemdiklat Polri. Kirab ini juga akan menampilkan seni budaya atau ciri khas warga dari kelurahan dan kecamatan. Misalnya, kata Iskandar, Kecamatan Warudoyong menampilkan barongsai dan Citamiang menampilkan dongdang. 

Kirab itu juga rencananya melibatkan kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kota Sukabumi, yang akan berkompetisi pada ajang tersebut mulai 22 Agustus 2023. Dengan adanya kafilah ini, Iskandar mengatakan, kirab juga bisa menjadi bagian untuk syiar agama.

“Diperkirakan ada ribuan peserta kirab dan warga bisa menyaksikannya,” kata Iskandar.

Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada mengatakan, Kirab Budaya Merah Putih ini melibatkan berbagai elemen masyarakat. Dengan begitu, kata dia, diharapkan momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Kota Sukabumi berlangsung semarak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement