Kamis 07 Sep 2023 08:51 WIB

Viral, Warga Buang Sampah ke Aliran Sungai di Cimahi

Tindakan oknum yang membuang sampah ke sungai itu direkam oleh warga.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Oknum warga membuang sampah ke aliran sungai di Citopeng, Kota Cimahi, Jawa Barat.
Foto: Dok tangkapan layar.
Oknum warga membuang sampah ke aliran sungai di Citopeng, Kota Cimahi, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Viral di media sosial rekaman video yang memperlihatkan dua orang tengah membuang sampah ke aliran sungai. Kejadiannya dikabarkan di wilayah Citopeng, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Dalam video tersebut, terlihat ada dua orang dengan gerobak sampah. Kemudian mereka secara bertahap melemparkan sampah ke aliran sungai. Di aliran sungai itu sudah terlihat tumpukan sampah.

Baca Juga

Pengunggah rekaman video tersebut mengkritik oknum yang membuang sampah ke aliran sungai. “Mun geus banjir tong nyalahkeun pamarentah (Kalau sudah banjir jangan menyalahkan pemerintah). Ka mana otakna (ke mana otaknya), miceun sok sangeunahna (membuang seenaknya).”

Orang yang mengunggah rekaman video tersebut, Henhen, saat dikonfirmasi, mengatakan, tindakan oknum warga yang membuang sampah ke aliran sungai itu direkam menggunakan kamera drone pada Rabu (6/9/2023), sekitar pukul 18.00 WIB. Menurut dia, kejadiannya di Citopeng, Cimahi Selatan, wilayah perbatasan dengan Bandung.

Henhen mengaku sering melewati kawasan tersebut saat hendak berangkat kerja. Ia kerap melihat sampah di aliran sungai, namun tidak mengetahui siapa yang membuangnya. 

“Suatu saat, pas ada yang buang sampah, saya langsung buru-buru ke rumah untuk di-shoot dari atas agar tahu yang buangnya. Pas di-shoot masih ada ternyata yang membuang sampah ke sungai,” kata Henhen.

Saat kondisi hujan deras, menurut Henhen, di kawasan tersebut tidak banjir karena area sungai yang dalam. Namun, saat kemarau, terlihat sampah menumpuk di aliran sungai dan menjadi pemandangan sehari-hari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement