Kamis 14 Sep 2023 14:06 WIB

Penulisan 26.215 Puisi Karya Pelajar di Kota Sukabumi Catatkan Rekor MURI

Ribuan puisi itu merupakan karya siswa SD hingga SMA sederajat di Kota Sukabumi.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Sejumlah pelajar membacakan puisi saat kegiatan penyerahan rekor MURI penulisan puisi terbanyak karya pelajar di Plaza Balai Kota Sukabumi, Kamis (14/9/2023).
Foto: Republika/ N Riga Nurul Iman
Sejumlah pelajar membacakan puisi saat kegiatan penyerahan rekor MURI penulisan puisi terbanyak karya pelajar di Plaza Balai Kota Sukabumi, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Penulisan sebanyak 26.215 puisi karya pelajar di Kota Sukabumi, Jawa Barat, mencatatkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Penulisan puisi karya pelajar itu merupakan yang terbanyak di Indonesia.

Penyerahan rekor MURI itu dilakukan di Plaza Balai Kota Sukabumi, Kamis (14/9/2023) oleh Senior Customer Relations Manager MURI Andre Purwandono, yang diterima Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga

Kegiatan itu diawali pembacaan puisi oleh tujuh pelajar SD dan SMP. “Ketika ada pelajar baca puisi, merinding. Berharap dengan penulisan puisi ini mampu tingkatkan literasi dan melestarikan puisi,” ujar Andre Purwandono.

Kegiatan penulisan puisi itu merupakan kolaborasi komunitas Sukabumi Sukabuku bersama Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi, juga penggiat literasi.

Ketua panitia kegiatan, Nenden Hendarsih, mengatakan, tahapan penulisan puisi yang mengangkat tema “Sejuta Cinta Sejuta Cerita” ini dimulai pada pekan kedua Juli 2023 hingga Agustus. “Saat ini terkumpul 26.215 karya puisi dari 10 ribu lebih pelajar tingkat SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, dan MA,” kata Nenden.

 

photo
Penyerahan rekor MURI penulisan puisi terbanyak karya pelajar di Plaza Balai Kota Sukabumi, Kamis (14/9/2023). - (Republika/ N Riga Nurul Iman)

 

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, kegiatan penulisan puisi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan gerakan literasi di Kota Sukabumi. “Berharap gerakan literasi menjadi gerakan yang melesat,” kata dia.

Dari target awal 30 ribu puisi karya pelajar, sudah tercapai 26.215 puisi. Fahmi mengapresiasi komunitas Sukabumi Sukabuku dan para penggiat literasi yang bersemangat mendorong kegiatan ini. Begitu juga kepala sekolah dan para pelajar yang terlibat. Fahmi menyebut catatan rekor MURI menjadi kado indah, yang diharapkan dapat memotivasi untuk meningkatkan literasi di Kota Sukabumi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement