Ahad 22 Oct 2023 20:57 WIB

Aksi Bela Palestina di Sukabumi: Kami Kutuk Serangan Membabi Buta Israel

Massa menyerukan masyarakat memboikot produk yang terkait dengan Israel.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Massa Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya (Arasy) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Massa Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya (Arasy) menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat dan Aktivis Sukabumi Raya (Arasy) menggelar aksi solidaritas terhadap Palestina di Plaza Balai Kota Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (22/10/2023). Massa mengutuk serangan Israel terhadap rakyat Palestina dan menyampaikan sejumlah tuntutan lainnya.

Dalam aksinya, massa membawa bendera besar Palestina. Mereka juga membentangkan bendera Israel di jalanan aspal, sehingga terinjak warga dan terlindas kendaraan yang melintas. 

Baca Juga

Saat itu, massa menyerukan kepada umat Islam di Indonesia membacakan Qunut Nazilah untuk memohon pertolongan Allah agar melindungi rakyat Palestina. “Kami mengutuk serangan membabi buta dan membumihanguskan Gaza yang dilakukan Israel, yang mengarah kepada ethnic cleansing warga Palestina,” kata koordinator aksi Arasy, Budi Lesmana, saat membacakan pernyataan sikap dan tuntutan massa.

Massa juga mendesak pemerintah Indonesia dan DPR mengecam keras tindakan biadab yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina. “Mendesak pemerintah dan parlemen untuk berinisiatif mendorong perdamaian dan pengakuan negara Palestina yang berdaulat kepada PBB,” kata Budi. 

Tuntutan lainnya, yakni mendesak pemerintah dan DPR untuk mengonsolidasikan kekuatan dunia Islam, melalui organisasi kerja sama Islam, guna melawan agresi Israel.

Budi mengatakan, massa juga mendesak pemerintah mengirimkan bantuan kemanusiaan dan pasukan perdamaian demi menjaga rakyat Palestina dari serangan Israel.

Selain itu, massa aksi juga menyerukan kepada masyarakat Indonesia untuk memboikot produk yang berasal dari Israel atau terkait dengan Israel. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement