Senin 23 Oct 2023 23:27 WIB

Dishub Sukabumi Diminta Cari Solusi Atasi Macet di Jam Sibuk

Soal perparkiran juga mendapatkan perhatian.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memimpin apel pagi di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (23/10/2023).
Foto: Dok Dokpim Setda Kota Sukabumi
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memimpin apel pagi di Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Jawa Barat, Senin (23/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, Jawa Barat, diminta fokus dalam mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas. Khususnya yang terjadi saat jam-jam sibuk.

Hal itu ditekankan Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memimpin apel pagi di Kantor Dishub Kota Sukabumi, Senin (23/10/2023). Ia meminta Dishub berupaya maksimal dalam mencari solusi masalah kemacetan. “Pengaturan kemacetan di jam sibuk menjadi hal krusial yang harus segera dicari solusinya,” kata dia.

Baca Juga

Untuk itu, Kusmana mengatakan, Dishub bisa melakukan sinergi dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Ia meyakini masalah kemacetan lalu lintas ini dapat diatasi.

Dalam kesempatan itu, Kusmana juga mendorong pemanfaatan teknologi dalam upaya peningkatan layanan, serta efisiensi dan transparansi. “Beberapa pelayanan yang menjadi domain Dishub, seperti parkir dan lalu lintas, sudah harus ditunjang dengan teknologi,” kata Kusmana.

Merespons arahan dari Pj Wali Kota, Kepala Dishub Kota Sukabumi Imran Whardhani mengatakan, pihaknya terus berkolaborasi dengan unsur kepolisian dalam upaya mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas. Khususnya kemacetan yang terjadi pada jam sibuk, yaitu pagi dan sore hari.

“Kemacetan merupakan perkembangan sebuah kota, tapi bagaimana menangani dan meminimalisasinya,” kata Imran.

Persoalan perparkiran juga menjadi atensi. Imran mengatakan, Dishub akan membuat kajian penataan parkir kendaraan di sejumlah titik wilayah Kota Sukabumi. Menurut dia, nantinya ada beberapa ruas jalan yang akan dijadikan percontohan dalam pengelolaan perparkiran.

Imran mengatakan, dibutuhkan inovasi dan kreativitas dalam pengelolaan perparkiran dan penanganan kemacetan di Kota Sukabumi. Dengan tujuan dapat menghadirkan pelayanan transportasi yang lebih baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement