Senin 01 Jan 2024 14:51 WIB

Malam Pergantian Tahun di Kota Bandung, Sampah Capai 64 Ton

DLH Kota Bandung menurunkan ratusan petugas untuk menangani sampah.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudy Prayudi.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudy Prayudi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Momen malam pergantian tahun di Kota Bandung, Jawa Barat, menyisakan sampah yang mencapai puluhan ton. Petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung sudah disiagakan untuk membersihkan dan mengangkut sampah.

“Total sampah di malam tahun baru sebesar 64 ton,” kata Kepala DLH Kota Bandung Dudy Prayudi, saat dikonfirmasi, Senin (1/1/2024).

Baca Juga

Menurut Dudy, timbulan sampah tersebut meningkat dibandingkan momen yang sama pada 2022 karena terjadi peningkatan pengunjung atau wisatawan ke Kota Bandung. Ia mengatakan, timbulan sampah banyak terdapat di lokasi-lokasi keramaian.

Untuk mengatasi persoalan sampah dan kebersihan momen pergantian tahun itu, DLH Kota Bandung menyiagakan 427 petugas. Menurut Dudy, pengangkutan sampah sudah selesai dilakukan pada Senin (1/1/2024) dini hari.

Dudy mengatakan, sampah jenis organik diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Gedebage. Adapun sampah lainnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Dudy, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat dapat berperan aktif dalam melakukan pengelolaan sampah. Pasalnya, TPA Sarimukti sudah kelebihan beban sampah.

“Perlu peran semua pihak untuk sama-sama kelola sampah mandiri, sehingga (sampah) organik dan anorganik selesai. Tinggal residu diangkut ke TPA,” kata Dudy.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement