Selasa 13 Feb 2024 08:19 WIB

Soal Pria Tersambar Petir di Stadion Siliwangi Padahal tak Ada Hujan, Ini Penjelasan BMKG

Jika sudah mendengar suara guntur maka segera masuk ke dalam ruangan atau rumah

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Ilustrasi petani tewas tersambar petir di areal persawahan
Foto: Dok.Republika
Ilustrasi petani tewas tersambar petir di areal persawahan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Bandung memberikan penjelasan terkait seorang pria yang tersambar petir saat bermain sepak bola di Stadion Siliwangi, Kota Bandung pada Sabtu (10/2/2024). Hal ini, karena terjadi pertumbuhan awan di sekitar lokasi yang dapat membuat terjadi hujan dan petir.

"Pada saat itu terjadi pertumbuhan awan yang dapat menimbulkan terjadinya hujan disertai petir di sekitar Stadion Siliwangi," ujar Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga

Teguh memberikan imbauan agar masyarakat menghindari petir, yaitu apabila sudah mendengar suara guntur maka segera masuk ke dalam ruangan atau rumah. Namun, apabila sedang berada di luar ruangan segera ke mobil. Selain itu, apabila sedang berada di kolam renang segera naik dan menjauh dari kolam renang. Sebab, sambaran petir dapat menghantarkan energi ke dalam air.

Teguh mengatakan, jangan berlindung di bawah pohon sebab apabila pohon tersambar petir maka energinya dapat melompat ke tubuh. Termasuk menjauhi tiang listrik, menara atau sesuatu yang tinggi yang dapat tersambar petir. "Jangan berada di tempat terbuka seperti sawah, lapangan, taman karena petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya," katanya.

 

Selain itu, kata Teguh, apabila sedang mengendarai motor segera berhenti dan mencari tempat berteduh. Apabila sedang berada di luar ruangan maka atur jarak dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi dari petir.

Polrestabes Bandung mengungkapkan kondisi cuaca sebelum seorang pria yang diketahui Septian Raharja tengah bermain sepakbola di Stadion Siliwangi tersambar petir, Sabtu (10/2/2024). Korban mengalami sejumlah luka bakar dan dinyatakan meninggal dunia.

Rekaman yang memperlihatkan pria tersebut tengah bermain sepakbola di Stadion Siliwangi dan tersambar petir tersebar di sejumlah media sosial. Diketahui kondisi cuaca di sekitar Stadion Siliwangi mendung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono mengatakan peristiwa seorang pria yang tersambar petir di Stadion Siliwangi, Kota Bandung terjadi Sabtu (10/2/2024). Korban diketahui bernama Septian Raharja warga asal Kabupaten Subang.

"Ada kejadian terjadi tersambar petir korban di Stadion Siliwangi Kota Bandung, identitas korban itu Septian Raharja itu korban dari Subang," kata Budi di Lapangan Tegallega Bandung, Senin (12/2/2024).

Ia mengatakan korban bersama timnya sedang melakukan pertandingan persahabatan melawan tim lain asal Kota Bandung. Namun, tiba-tiba korban tersambar petir. "Cuaca tidak lagi hujan, tiba-tiba petir menyambar korban. Pada pukul 16.45 WIB korban dibawa ke rumah sakit Sariningsih, ada luka bakar di dada, paha atas dan tungkai," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement