Ahad 12 Mar 2023 21:42 WIB

Polres Karawang Survei Kelayakan Jalan di Jalur Mudik Lebaran

Jalan yang kondisinya rusak dan rawan kecelakaan di Karawang menjadi perhatian.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Polisi melakukan persiapan pengamanan di jalur mudik Lebaran.
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
(ILUSTRASI) Polisi melakukan persiapan pengamanan di jalur mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG — Jajaran Polres Karawang, Jawa Barat, melakukan survei kelayakan ruas jalan yang biasa menjadi jalur mudik saat momen Lebaran. Survei ini mencakup ruas jalan di wilayah perbatasan.

“Survei kelayakan jalan di jalur mudik wilayah Karawang untuk mempersiapkan rencana pengamanan mudik Lebaran 2023,” kata Wakil Kepala Polres Karawang Kompol Prasetyo Nurcahyo di Karawang, Sabtu (11/3/2023).

Pengecekan kelayakan jalur mudik tersebut, antara lain menyasar kawasan perbatasan Karawang-Bekasi atau Jalan Tanjungpura, Jalan Raya Syeh Quro, juga ruas jalan pantai utara (pantura) perbatasan Karawang-Subang.

Menurut Prasetyo, Polres Karawang lebih awal melakukan survei atau pengecekan jalur mudik ini karena ada sejumlah persoalan yang mesti diinventarisasi. Seperti kondisi jalan dan penerangan jalan umum, serta kelengkapan jalan.

Prasetyo mengatakan, jalan di Kabupaten Karawang yang kondisinya mengalami kerusakan atau berlubang menjadi perhatian. Pasalnya, bisa memicu kecelakaan lalu lintas.

“Di jalur arteri, saat musim hujan, kondisi jalan banyak yang rusak dan berlubang, sehingga hal ini menjadi perhatian karena rawan kecelakaan,” kata Prasetyo.

Selain mengecek kelayakan jalan di jalur mudik, Prasetyo mengatakan, dilakukan juga pengecekan fasilitas pendukung di jalan, seperti penerangan jalan dan rambu lalu lintas.

Polres Karawang juga melakukan survei terkait rencana pendirian pos pengamanan di titik-titik strategis. “Kami berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait kesiapan mudik Lebaran 2023,” kata Prasetyo. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement