Ahad 06 Aug 2023 23:08 WIB

Batik Cianjur Run akan Digelar Agustus Ini

Batik Cianjur Run diharapkan dapat mengenalkan batik produk UMKM dan objek wisata.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Bupati Cianjur Herman Suherman.
Foto: Tangkapan layar instagram Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan momen Hari Jadi ke-346 Kabupaten Cianjur (HJC), Jawa Barat. Salah satunya Batik Cianjur Run, yang rencananya digelar pada 12 Agustus mendatang.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, Batik Cianjur Run diharapkan dapat mengenalkan batik khas daerahnya yang merupakan produk UMKM. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengangkat objek wisata di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga

“Berbagai rangkaian acara mulai dari skala lokal, regional, hingga internasional dapat digelar pada HJC ini, salah satunya Batik Cianjur Run. Selain memperkenalkan obJek wisata, juga mengenalkan produk unggulan UMKM batik Cianjur,” kata Bupati, Ahad (6/8/2023).

Peserta Batik Cianjur Run rencananya menempuh lintasan dengan panjang sekitar lima kilometer melewati sejumlah objek wisata di wilayah utara Cianjur utara, mencakup destinasi wisata di Kecamatan Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi.

 

“Kami berharap dengan digelarnya Batik Cianjur Run 2023 dapat meningkatkan angka kunjungan (wisatawan) ke Cianjur, terutama ke wilayah utara yang selama ini dikenal dengan kota wisatanya Cianjur,” kata Bupati.

Ketua Panitia Batik Cianjur Run 2023, Rizky Alfarabi, mengatakan, Batik Cianjur Run 2023 digelar untuk menghadirkan hiburan, sekaligus olahraga, sambil memperkenalkan budaya dan produk unggulan batik dari UMKM.

“Kami ingin menampilkan kegiatan yang berbeda, khususnya di wilayah Cianjur utara yang selama ini lebih dikenal sebagai kota wisatanya Cianjur, sambil mengenalkan batik Cianjur yang tidak kalah dibandingkan batik dari daerah lain,” kata Rizky.

Titik start Batik Cianjur Run ini disiapkan di Cipanas Plaza, lalu peserta akan melintasi sejumlah objek wisata lama dan baru di tiga kecamatan wilayah utara Cianjur. Peserta akan menggunakan baju batik dengan motif khas Cianjur.

“Dalam kegiatan itu akan digelar pameran UMKM khas Cianjur, mulai dari produk makanan, kerajinan tangan, dan lainnya. Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak, Diskuperdagin Cianjur dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur,” kata Rizky.

Hadiah sekitar Rp 100 juta disiapkan untuk Batik Cianjur Run 2023 ini, juga dimeriahkan dengan hiburan. “Untuk pendaftaran dibuka sampai 11 Agustus 2023. Terbuka untuk umum dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia,” ujar Rizky.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement