Jumat 17 Nov 2023 18:18 WIB

Donasi untuk Palestina dari Jabar Ditargetkan Mencapai Rp 1 Triliun

Donasi yang terkumpul akan disalurkan lewat Baznas.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Peserta aksi membawa bendera Palestina raksasa saat aksi solidaritas untuk Palestina di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Peserta aksi membawa bendera Palestina raksasa saat aksi solidaritas untuk Palestina di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Aksi solidaritas untuk Palestina digelar secara serentak di sejumlah wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat (17/11/2023). Dilakukan juga penggalangan donasi yang akan disalurkan sebagai bantuan untuk Palestina.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jabar Ajam Mustajam mengatakan, aksi ini sebagai dukungan untuk perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Masyarakat Jabar juga diharapkan dapat memberikan bantuan kepada rakyat Palestina yang dijajah Israel.

Baca Juga

“Dengan jumlah penduduk mencapai 50 juta jiwa, jika 20 persen saja rakyat Jawa Barat berdonasi sebesar Rp 100 ribu, maka kita bisa menyumbang sebesar Rp 1 triliun untuk rakyat Palestina,” kata Ajam di hadapan peserta aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Bandung, Jumat.

Ajam mengatakan, donasi untuk Palestina dimulai Jumat ini hingga satu bulan ke depan. Donasi akan dikumpulkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Menurut dia, donasi yang terkumpul nantinya bisa disalurkan untuk berbagai kebutuhan, seperti dalam bentuk bantuan makanan atau bantuan untuk pembangunan sarana prasarana dan layanan kesehatan di Palestina.

 

photo
Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti long march saat aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Bandung, Jumat (17/11/2023). - (Edi Yusuf/Republika)

 

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin pun berharap masyarakat ikut berkontribusi untuk memberikan bantuan bagi rakyat Palestina. “Diharapkan jumlah donasi dan infaknya itu bisa mencapai Rp 1 triliun. Ini juga menunjukkan sikap kita (Jabar) bahwa kita membela Palestina,” ujar Bey, yang mengikuti aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Bandung.

Bey mengatakan, donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui Baznas. “Bentuk donasi akan disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan di sana (Palestina),” kata Bey.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement