Kamis 04 Jul 2024 12:44 WIB

Ini Kesaksian Suharsono Soal Pegi di Bandung Saat Kejadian Pembunuhan Vina dan Eky

Suharsono berkeyakinan bahwa Pegi Setiawan berada di Bandung.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Suharsono, tetangga yang mengaku bersama Pegi Setiawan di Bandung pada 27 Agustus 2016 silam.
Foto: Dok Republika
Suharsono, tetangga yang mengaku bersama Pegi Setiawan di Bandung pada 27 Agustus 2016 silam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Kesaksian Suharsono alias Bondol teman kerja Pegi Setiawan tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon menyebut bahwa temannya itu berada di Kota Bandung tanggal 27 Agustus tahun 2016 silam. Ia menceritakan kronologi tersebut saat sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (3/7/2024).

Suharsono alias Bondol merupakan salah seorang saksi yang memberikan keterangan dari total lima saksi yang dihadirkan kuasa hukum Pegi Setiawan. Mereka yaitu Dede Kurniawan teman dekat Pegi, Agus dan Riana pemilik rumah yang dibangun Pegi serta saksi ahli Prof Suhandi Cahaya.

Baca Juga

Insank Nasruddin kuasa hukum Pegi Setiawan mengatakan, keberadaan Suharsono saat akhir Agustus tahun 2016 silam. Sekaligus menanyakan apakah tengah bersama Pegi Setiawan.

Menurut Suharsono, mulai tanggal 21 Agustus tahun 2016 silam bekerja sebagai tukang dengan Pegi Setiawan dan adiknya Robi Setiawan di Bandung. Setelah bekerja satu pekan, ia mengaku tidak betah dan meminta pulang ke Cirebon.

"Tanggal 21 Agustus bekerja sama Pegi, berangkat sama si Robi dari Cirebon ke Bandung. Satu pekan (kerja karena) gak betah," ucap dia kepada pengacara.

Setelah satu pekan bekerja dan menerima gaji, ia mengaku memutuskan pulang tanggal 27 Agustus 2016. Sekitar pukul 19.00 WIB, Suharsono mengaku berjalan kaki dari bedeng menuju jalan raya ditemani oleh Pegi Setiawan, Robi dan Ibnu. "Dari bedeng ke jalan raya dianter Pegi, Robi dan Ibnu. Jam 19.00 WIB kurang lebih," kata dia.

Setelah berpamitan, ia berangkat menuju Terminal Leuwipanjang menggunakan angkot dilanjutkan menggunakan bus menuju Cirebon. Ketiga rekan kerjanya sendiri usai pamitan kembaki ke tempat kerja. "Balik ke tempat kerja (Pegi, Ibnu dan Robi)," kata dia.

Setelah sampai di kilometer 202 Tol Palikanci pukul 23.00 WIB, ia mengaku turun dari bus selanjutnya berjalan kaki menuju jembatan yang berada di atas. Namun, saat berjalan kaki, ia melihat warga yang tengah mengerumuni sesuatu. "Saya penasaran saya nanya ada yang kecelakaan, setelah itu pulang," katanya.

Setelah lama berselang, ia mengaku kaget saat mendengar Pegi Setiawan ditangkap dan ditetapkan tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky. Ia berkeyakinan bahwa Pegi Setiawan berada di Bandung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement