Kamis 13 Apr 2023 14:54 WIB

Balawista Siagakan Personel Pantau Wisatawan Pantai Pangandaran

Jumlah personel yang disiagakan memantau aktivitas wisata pantai rencananya ditambah.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.
Foto:

Berdasarkan data yang didapat Republika, pada H-1 hingga H+7 Lebaran 2022, jumlah pengunjung Pantai Pangandaran, Pantai Karapyak, Pantai Batu Hiu, Pantai Batukaras, dan Green Canyon mencapai total 669.774 orang.

Pada momen libur Lebaran tahun ini, Bupati memperkirakan tingkat kunjungan wisatawan lebih tinggi. “Perkiraan saya, kalau melihat booking hotel, kemungkinan akan lebih banyak dari tahun lalu,” kata Jeje, Selasa (11/4/2022).

Dengan adanya potensi peningkatan jumlah wisatawan ini, Bupati meminta jajarannya untuk melakukan berbagai macam persiapan. Seperti untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar kawasan wisata.

Dinas terkait diminta menyiapkan upaya rekayasa lalu lintas. “Harus disiapkan langkah bertindaknya. Itu harus dibuat manajemennya,” ujar Bupati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran juga mengantisipasi kepadatan wisatawan. Dalam upaya mengurai wisatawan, saat ini sudah tersedia jalur lintas pantai. 

Dengan jalur tersebut diharapkan wisatawan dapat lebih mudah dan cepat untuk mengakses satu pantai ke pantai lainnya. Keberadaan jalur itu diharapkan bisa memecah konsentrasi wisatawan, yang umumnya terpusat di Pantai Pangandaran. “Kita sangat siap menerima kehadiran wisatawan di Pangandaran,” kata Bupati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement