Ahad 03 Sep 2023 20:34 WIB

Move On dari Gedung Pakuan, Ini Kesan dan Pesan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil berkemas dari Gedung Pakuan menjelang akhir masa jabatan gubernur Jabar.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengemas barang-barang pribadinya di rumah dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung.
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengemas barang-barang pribadinya di rumah dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ridwan Kamil bersama istrinya, Atalia Praratya, mengemasi barang-barang pribadinya di rumah dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung, Ahad (3/9/2023). Dua hari ke depan masa jabatan Ridwan Kamil sebagai gubernur Jawa Barat (Jabar) periode 2018-2023 akan berakhir.

Ada berbagai kesan selama Ridwan Kamil bersama keluarganya mendiami rumah dinas gubernur Jabar itu. “Hari ini beres-beres bersama istri saya karena semua ada awal, semua juga ada akhir. Pernah datang dengan semangat di hari pertama dilantik dan di hari terakhir kita akan move on meninggalkan tempat yang selama lima tahun menjadi sumber energi, sumber semangat dalam sedih,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga

Ditanya momen atau pengalaman yang paling diingat di Gedung Pakuan, Ridwan Kamil menyampaikan soal berpulangnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra sulungnya. “Pertanyaannya berat. Momen pas Eril, anak kecil yang berpulang,” ujar gubernur yang akrab disapa Emil itu.

 

 

photo
Ridwan Kamil bersama istrinya mengemas barang-barang pribadi di rumah dinas gubernur Jabar, Gedung Pakuan, Kota Bandung. - (Dok Humas Pemprov Jabar)

 

Emil bersiap meninggalkan Gedung Pakuan, rumah yang menjadi tempat tinggalnya sementara. Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan kepadanya bersama Uu Ruzhanul Ulum selama lima tahun memimpin Provinsi Jabar.

“Terima kasih warga Jabar, sudah memberikan restu dan semangatnya kepada kami mengabdi. Mudah-mudahan 2018 - 2023 akan diingat sebagai lima tahun yang luar biasa,” kata Emil.

Kepada siapa pun yang nantinya memimpin Jabar dan akan menempati Gedung Pakuan, Emil berharap kehormatan tempat bersejarah ini dapat terus dijaga.

“Ini kehormatan. Selama kehormatan itu hadir di gedung ini, kita harus amalkan. Makanya tiap pulang (ke Gedung Pakuan) mengingatkan agar selalu amanah menjaga kepercayaan rakyat Jawa Barat setiap pulang ke sini. Dan ini gedung yang teramat istimewa, jangan dinodai oleh hal-hal yang tidak amanah. Selama lima tahun saya jaga,” ujar Emil.

Emil pun menitip hal lainnya. “Cintai para petugas pekerja yang kerja secara ikhlas, mereka adalah keluarga,” ujar Emil.

 

photo
Ridwan Kamil mengemas barang-barang pribadinya di rumah dinas Gedung Pakuan.
- (Dok Humas Pemprov Jabar)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement