Jumat 24 Nov 2023 16:43 WIB

Pj Wali Kota Bandung Ajak ASN Menyisihkan Rezeki untuk Bantu Palestina

Istighatsah digelar di Kota Bandung sebagai bentuk solidaritas untuk Palestina.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Irfan Fitrat
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama tokoh lintas agama memanjatkan doa saat aksi solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Bandung,Jawa Barat, Jumat (24/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono bersama tokoh lintas agama memanjatkan doa saat aksi solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Bandung,Jawa Barat, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengajak aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat memberikan bantuan untuk rakyat Palestina. Donasi dari ASN atau masyarakat dapat disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung.

Bambang mengatakan, donasi untuk Palestina melalui Baznas Kota Bandung dibuka hingga 15 Desember 2023. Ia berharap banyak masyarakat yang berkontribusi memberikan bantuan bagi Palestina, termasuk para ASN di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. “Kita mengimbau kepada ASN menyisihkan rezeki untuk solidaritas Palestina,” ujar dia, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga

Pada Jumat ini, Pemkot Bandung bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Baznas Kota Bandung, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung menggelar istighatsah di Masjid Agung Al-Ukhuwwah. Istighatsah yang dilakukan bersama masyarakat sebelum shalat Jumat ini sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Selepas shalat Jumat, dilakukan juga sholat Ghaib. Dilakukan juga doa bersama. “Hari ini kita seluruh warga Kota Bandung lintas agama memberikan doa agar kedamaian di Palestina bisa terjadi. Bukan hanya agama Islam, tapi lintas agama,” ujar Bambang, selepas kegiatan.

 

Perwakilan Kemenag Kota Bandung Ucup Pathudin mengatakan, aksi solidaritas ini sebagai bentuk dukungan agar tidak ada lagi konflik dan penjajahan terhadap Palestina. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab dan solidaritas kita kepada warga Palestina. Mudah-mudahan semangat Konferensi Asia Afrika (KAA) dapat kita gelorakan kembali dari Bandung untuk dunia,” kata dia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement