Jumat 24 Nov 2023 20:52 WIB

Ajakan Donasi untuk Palestina di Bandung, Disebut Sudah Terkumpul Rp 426 Juta

Penggalangan donasi untuk Palestina melalui Baznas dibuka hingga 15 Desember 2023.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Irfan Fitrat
Warga memanjatkan doa saat kegiatan solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Warga memanjatkan doa saat kegiatan solidaritas untuk Palestina di Plaza Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama sejumlah kalangan mengajak masyarakat memberikan donasi untuk membantu rakyat Palestina. Donasi dapat disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bandung.

“Penggalangan donasi hingga 15 Desember 2023. Nanti pemerintah akan mengeluarkan edaran. Ini sifatnya imbauan, jadi untuk mengasah empati kita terhadap saudara-saudara di Palestina,” ujar Kepala Baznas Kota Bandung Akhmad Rozikin, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga

Penggalangan dana dimulai saat dilaksanakan kegiatan istighatsah, sholat Ghaib, dan doa bersama untuk Palestina di Kota Bandung, Jumat ini. Berdasarkan catatan yang diterima Humas Pemkot Bandung, donasi yang terkumpul dilaporkan sudah mencapai Rp 426.740.525.

Rozikin mengatakan, donasi yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada Baznas Republik Indonesia, untuk kemudian disalurkan ke Palestina.

 

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengajak masyarakat di Kota Bandung untuk memberikan dukungan dan bantuan terhadap Palestina. “Mari dukung saudara kita di Palestina dengan doa dan donasi,” kata Bambang.

Bambang menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam aksi solidaritas untuk Palestina di Kota Bandung pada Jumat ini. Kegiatan tersebut diinisiasi Pemkot Bandung bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Baznas Kota Bandung, MUI Kota Bandung, dan FKUB Kota Bandung.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bandung, Abdurahim, mengatakan, kegiatan solidaritas untuk Palestina dilakukan serentak di 30 kecamatan Kota Bandung. Menurut dia, hal tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Kota Bandung terhadap rakyat Palestina.

“Warga Kota Bandung selalu berdoa untuk saudara-saudara kita di Palestina. Kita tidak senang kepada peperangan, radikalisme, dan penjajahan. Kita cinta damai,” ujar Abdurahim.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement